Rabu, 04 November 2015

Pemberdayaan Lingkungan Masyarakat Desa












BNNK - Touna - 2015

Touna - Bertempat di Desa Saluaba Kecamatan Ratolindo BNN melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam bentuk Penyuluhan Narkoba dan Penyuluhan Pertanian yakni Tanaman Obat Keluarga (TOGA) 03 November 2015.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tojo Una-Una AKBP Sunarko bekerja sama dengan Desa Saluaba melaksanakan pemberdayaan masyarakat. Hadir dalam acara tersebut Kades Saluaba dan Narasumber dari Dinas Pertanian dan sepuluh orang dari kelompok Tani Desa Saluaba.

Yang menarik dari kegiatan ini pihak BNN memberikan dana pengungkit berupa uang sebesar 5 (lima) juta rupiah yang diterima langsung oleh ketua  Kelompok Tani Desa Saluaba.

Sunarko memberikan materi dengan dua sesi yakni pada sesi pertama dipagi hari dan sorea hari. Pada sesi pertama Sunarko membawakan materi tentang Kebijakan BNN Kab. Tojo Una Una dalam rangka Pemberantasan Narkoba dan pada sesi kedua sore hari membawakan materi tentang Sosialisasi P4GN, sedangkan Narasumber dari Dinas Pertanian membawakan materi tentang Cara bercocok tanam disesi pertama pagi hari dan materi memilih tanaman produktif yang dapat segera dipanen pada musim penghujan.

Ibu Olivia Komansilan SP dari Dinas Pertanian Kab. Tojo Una-Una dalam materinya antara lain menjelskan tentang TOGA atau tanaman obat keluarga seperti jahe, temulawak, jeruk nipis, kunyit, dan daun jambu yang merupakan tanaman penting ditanam dilingkungan keluarga agar keluarga dapat memperoleh penghasilan tambahan.

Lanjut Olivia Tujuan TOGA di buat untuk mendekatkan pasar dari dapur sehingga keluarga khususnya ibu ibu dapat memanfaatkan lahan sebaik baiknya dengan harapan dapat mengurangi biaya dan bahkan dapat menghasilkan dalam bentuk uang dari  tanaman Toga tsb.

Lanjut Sunarko, kondisi keluarga kita sampai terjadi pertengkaran biasanya karna faktor ekonomi yang tidak tercukupi akhirnya anak anak ataupun oang tua beralih menggunakan atau menjual Narkoba sehingga dengan pendekatan BNN kepada masyarakat dalam bentuk pemberian dana pengungkit kepada kelompok Tani di Desa Saluaba akan sedikit membantu  dalam mencegah keluarga dari Narkoba, karena keluarga bisa sejahtera dan sehat karena menggunakan tanaman obat. 

Tanaman produktif yang cepat dipanen yang ditanam sendiri sehingga tidak akan lagi tertarik untuk menggnakan Narkoba.




(BNNK-Ndy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar